expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Jumat, 10 Mei 2013

Takana jo Kampuang Part 1

ya..istilah ini yg sering terdengar dari orang Minang dimana-mana di seluruh daerah Indonesia
istilah "Takana jo Kampuang" ini artinya "ingat sama Kampung" (Takana=ingat, jo=sama, kampuang=kampung)

Hari ini gw jg sdg mengalami hal yg sama,he biasa penyakit mahasiswa rantau :p
Teringat dan rindu dengan tanah kelahiran "Kerinci" klo dgr kata ini lsg kebayang alamnya yg indah, msh sejuk dan alami, serta masyarakat'y yang masih tradisional dan berbudaya...(ciee..anak budaya :p)



Sekilas tentang Kerinci, menurut sejarah nenek moyang orang Kerinci ini berasal dari Yunan-Cina Selatan
makanya orang2 asli Kerinci dikenal dgn ciri mata sipit, kulit putih, pendek, (gw gini gak ya?? :o)
Kerinci itu letaknya di lembah dikelilingi bukit-bukit (bukit barisan) makanya udaranya sejuk dan dingin banget, bahkan aer bak mandi aja dinginnya kyk aer di dalam kulkas (beneran ini,srius!) makanya klo gw disana mandinya itu jam 11-12 siang, gak kuat mandi pagi :p

Oia, di Kerinci ini juga banyak bgt orang Minang'y..knapa?? karena dulunya Kerinci ini masuk dalam wilayah Sumatera Barat sebelum diambil oleh Prov.Jambi. daan...dulunya orang yang pertama dtg ke Kerinci ini adalah Siak Lengih dari Batusangkar, Sumbar. makanya orang2 di Kerinci biasanya juga fasih menggunakan bahasa Minang (termasuk gw?)
ngemeng2 mengenai bahasa..kayaknya menarik kalo gw posting beberapa kosakata dalam bahasa Kerinci berikut artinya yg biasa digunakan dalam keseharian...yg mau belajar atau sekedar buat nambah pengetahuan sok mangga dibaca dibawah ini: :)

Aku = Akau                Tidur = Tideu             Tadi = Tadoih                Sehat = Sihat
Kamu = Ikoa/Kayo     Makan = Makang      Minum = Minaung         Mandi = Mandai
Apa = Apo                  Pergi = Lalau             Kami = Kamai               Berapa = Apea
Siapa = Siapo              Belajar = Belajea       Itu = Itoh                       Melihat = Ngimok
Bagaimana = Manan    Mau/ingin = Ndok      Ini = Ineh                      Dia = Inyo
Kapan = Bilea             Ke = Ka                    Pulang = Baloik              Lari = Lahai
Mengapa = Pio            Mana = Manoa         Sakit = Sakaik               Besok = Isok

Sementara cukup dulu,klo yg minat belajar bisa privat ke gw,he2
di Kerinci sendiri bahasa ini di tiap desa/kampung'y berbeda-beda dalam pengucapannya
yg gw posting di atas ini yg biasa gw pake klo lg dirumah :)
Menarik sebenarnya membahas lebih banyak lg tentang Kerinci ini..
bahasan selanjutnya ada di "Takana jo Kampuang Part 2" ya... :)
Sekian dulu utk siang ini (udh laper)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar