expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Sabtu, 01 Maret 2014

Hari ke-1 Penelitian

1 Maret 2014 hari Sabtu, saya sudah tiba di kampung halaman di Kerinci sehari sebelumnya.
Hari Sabtu di awal bulan baru ini seharusnya menjadi hari pertama saya memulai kegiatan penelitian dengan melakukan pengamatan di lapangan. karena jadwal ini sudah ngaret sekitar 3 minggu dari jadwal yang seharusnya disebabkan ada kepentingan keluarga sewaktu masih dirumah di Muara Bungo kemarin yang tidak bisa ditinggalkan.

Di hari pertama ini rupanya juga tidak berjalan dengan baik, saya sendiri kebingungan harus memulai dari mana dan apa yang harus dilakukan terlebih dahulu dengan penelitian saya ini. pengambilan data di dinas-dinas terkait harus menunggu surat ijin penelitian yang dikeluarkan oleh Kesbangpol dan baru akan saya urus hari senin besok. kata teman saya sih suratnya baru jadi sekitar 1 minggu, maklum proses birokrasi dan ketidakprofesionalan pihak terkait membuat jadi lebih lama. Lalu, hari pertama ini saya berkunjung ke rumah ketua adat Limo Luhah yang juga merupakan paman saya sendiri untuk diskusi awal. Namun, rupanya paman saya tersebut sedang keluar kota ke Padang untuk 1-2 hari kedepan. Rencana A gagal, lalu rencana B saya yang ingin survei awal ke lokasi pada sore harinya juga gagal dikarenakan hujan. Alhasil, hari ini belum membuahkan hasil apa-apa.

1 komentar: