expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rabu, 26 Maret 2014

Sepenggal cerita dari Penelitian #2

Penelitian di kampung halaman itu memang lebih banyak enaknya daripada enggak enaknya. Seperti misalnya di tempat saya penelitian yaitu di Sungai Penuh, Kerinci. kenapa demikian?
Masyarakat Kerinci dikenal memiliki sistem kekerabatan dan kekeluargaan yang tinggi. Kalau melihat dari keturunannya mereka menarik garis keturunan dari sisi Ibu/perempuan (Matrilineal). Bisa diliat dari rumah tradisional mereka yang disebut rumah larik memanjang saling sambung menyambung antara tiap rumah. ini salah satu contoh bahwa sejak dulu mereka hidup dari sistem kekeluargaan yang sangat erat.

Nah, kembali kepada kenapa saya bilang banyak enaknya penelitian di kampung halaman?
Entah memang saya yang beruntung punya keluarga yang dikenal 'seantero' kota ini atau memang orang-orang (asli Kerinci) di kota ini memang saling kenal-mengenal. Setiap saya ke lapangan untuk survei atau mengambil data, kalau bertemu dengan masyarakat setempat maupun pegawai di dinas-dinas pasti ditanyain "kamu anak siapa?" lalu saya sebut nama Ibu saya atau nenek saya. sebagian besar orang yang saya temui pasti kenal ibu atau nenek saya. ada yang masih satu garis keturunan rupanya, ada juga teman sekolah ibu saya dulu, ada yang mantan murid nenek saya dulu, macem-macem kaitannya. Bahkan semua narasumber ahli sejarah dan budaya Kerinci yang saya temui untuk wawancara itu kenal dan masih memiliki hubungan keluarga dengan ibu dan nenek saya. Alhamdulillah, semua yang saya ingin kerjakan menjadi lebih mudah dan dimudahkan oleh orang-orang tersebut. Baik narasumber maupun pegawai di dinas-dinas pemerintahan mempermudah saya untuk mendapatkan data. DItambah lagi dengan paman saya yang menjabat sebagai ketua lembaga adat kota Sungai Penuh, siapa yang tidak kenal dengan beliau saat ini. Beginilah enaknya penelitian di tempat sendiri yang sudah mengenal seluk beluk daerah penelitian dan dibantu pula oleh sanak keluarga dan kerabat secara tidak langsung. Bersyukur rasanya memiliki keluarga dan kampung halaman yang memiliki kekerabatan dan kekeluargaan yang tinggi seperti ini. kalau seandainya saja saya penelitian di tempat lain mungkin tidak akan berjalan semudah ini. Suatu saat mungkin harus cari tantangan baru penelitian dengan sesuatu yang baru dan ditempat yang baru :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar